Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Jaksa Tak Kunjung Lakukan Penahanan, Tujuh Tersangka Korupsi BRI 'Diistimewakan'

Tim Penyidik Kejati Babel melimpahkan tiga tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Pemberian Fasilitas Kredit kepada 47 Debitur pada Kantor Cabang BRI Pangkalpinang dan Kantor Cabang Pembantu Depati Amir, Kamis pagi (8/4/2021).(foto: Bambang Irawan)
Tim Penyidik Kejati Babel melimpahkan tiga tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Pemberian Fasilitas Kredit kepada 47 Debitur pada Kantor Cabang BRI Pangkalpinang dan Kantor Cabang Pembantu Depati Amir, Kamis pagi (8/4/2021).(foto: Bambang Irawan)

RAKYATPOS.COM,PANGKALPINANG - Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kejati Babel), Kamis pagi (8/4/2021) sekitar pukul 10.00 WIB melimpahkan tiga tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pemberian Fasilitas Kredit kepada 47 Debitur pada Kantor Cabang BRI Pangkalpinang dan Kantor Cabang Pembantu Depati Amir Tahun 2017-2019.

Ketiga tersangka yang dilimpahkan ke Kejari Pangkalpinang, yakni Handoyo alias H, Redinal alias RA dan Edwar alias E.

Handoyo alias H berperan selaku Account Officer (AO) Bank BRI Pangkalpinang yang mengusulkan fasilitas Kredit Bank BRI Cabang Pangkalpinang, Redinal alias RA ditugaskan juga sebagai Account Officer (AO), Bank BRI Pangkalpinang yang mengusulkan fasilitas Kredit Bank BRI Cabang Pangkalpinang. Sedangkan Edwar alias E ditugaskan sebagai Credit Investigator (CI) pada Bank BRI Cabang Pangkalpinang sebagai penafsir harga agunan yang diajukan ke PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkalpinang, Jefferdian melalui Kasi Pidsus Eddowan yang langsung menerima pelimpahan tahap dua ini membenarkan adanya pelimpahan ini.

"Kami sudah menerima tersangka berikut barang buktinya.   Mereka dilimpahkan ke sini sejak jam 10.00," ungkap Eddowan ditemui Rakyat Pos di Kantor Kejari Pangkalpinang disela-sela proses penelitian tersangka dan barang bukti.

Selanjutnya, menurut Kasi Pidsus, ketiga tersangka dan barang bukti perkara dugaan Tipikor Pemberian Fasilitas Kredit BRI ini akan dititip di Rutan Polres Pangkalpinang.

"Sekarang ini, kami masih melakukan proses penelitian tersangka dan barang bukti. Tiga tersangka ini kita lakukan penahanan kembali di Rutan Polres Pangkalpinang selama 20 hari ke depan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya menerima tiga orang dari 20 orang tersangka yang telah ditetapkan oleh penyidik Kejati Babel.

Namun sayangnya, tujuh orang tersangka yang serentak ditetapkan hingga kini diduga masih diistimewakan alias belum ditahan.

"Nanti, insya Allah secepatnya kita limpahkan ke pengadilan kalau bisa jangan sampai lewat dari tiga hari. Baru tiga tersangka inilah yang dilimpahkan kepada kita dan untuk tujuh orang lainnya silahkan tanyakan kepada penyidik Kejati Babel," tandas Eddowan.

Sementara itu, Kasi Penkum Kejati Babel Basuki Raharjo saat dihubungi terpisah masih enggan memberikan keterangan resmi terkait penyerahan tersangka H, R, E dan barang bukti perkara Tipikor BRI.

Dia menuturkan dirinya saat ini lagi ada pelatihan. (bis/10)

Diatas Footer
Light Dark