Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Babel Promosikan Wisata Via Kejuaraan Offroad Adventure Gubernur Cup

Salah satu peserta Offroad Adventure yang siap berlaga di kawasan Sircuit SCS BMI Park, Parittiga Jebus, Bangka Barat. (foto: reza).
Salah satu peserta Offroad Adventure yang siap berlaga di kawasan Sircuit SCS BMI Park, Parittiga Jebus, Bangka Barat. (foto: reza).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) melaui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) bekerjasama dengan Indonesian Offroad Ferderation (IOF) promosikan objek wisata di Babel, melalui kegiatan besar Kejuaraan Offroad Adventure memperebutkan Gubernur Cup 2021 yang diselenggarakan selama tiga hari di kawasan Sircuit SCS BMI Park, Parittiga Jebus, Bangka Barat.

"Kegiatan yang kami laksanakan di kawasan Sircuit SCS BMI Park, Parittiga Jebus tersebut sebagai ajang promosi wisata Babel dengan mengangkat Sport Tourism. Selain itu, walaupun dimasa pandemi, olahraga juga harus bergerak dan berkembang. Kegiatan ini mengundang para offroder dari luar Babel," kata Kadiskepora Babel, Suharto, Rabu (07/04/2021).

Ia menuturkan, kegiatan olahraga tersebut akan digelar selama tiga hari terhitung 9 sampai 11 April mendatang yang diikuti peserta dari zona Sumatera dan Babel.

Menurut dia, kegiatan itu nantinya akan membawa dampak yang cukup baik untuk sektor pariwisata di sekitar Sircuit SCS BMI Park lebih khusus kawasan objek wisata yang ada di Bangka Barat seperti Wisma Ranggam. 

"Kegiatan seperti ini akan membawa dampak yang cukup signifikan yaitu bisa mempromosikan wisata di Babel khususnya di Bangka Barat," ujar Suharto.

Dampak positif lain dari kegiatan tersebut, disebutkannya, yakni menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat dengan berjualan makanan, minuman maupun cinderamata yang menarik bagi peserta kejuaraan atau penonton. 

Menurut dia, kawasan Sircuit SCS BMI Park memiliki daya tarik tersendiri, yaitu bekas tambang timah yang diolah kembali menjadi sirkuit dan terdapat pemandangan alam yang indah, dan lokasinya juga tidak jauh dari pelabuhan Muntok, Bangka Barat.

"Lokasinya cukup refresentatif juga syarat dengan pemandangan, jarak tempuh ke Bangka sangat dekat, peserta juga bisa berkunjung ke kota Muntok yang banyak terdapat bangunan bersejarah,” imbuhnya.

Suharto berharap, pemerintah dalam mengembangkan Sport Tourism hendaknya selalu bersinergi dengan komunitas dan masyarakat. ‘’Semua pihak harus dirangkul, karena merekalah yang nantinya bisa membantu Babel bisa untuk dikenal diluar,” harap Suharto.

Kejuaraan Offroad Adventure memperebutkan Piala Gubernur 2021 itu, akan diikuti lebih dari 70 mobil dan ratusan peserta yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas SCS offroad dan kelas adventure. Mobil yang akan digunakan terdiri dari 1000cc, 2000cc dan 4000cc. 

Kadiskepora Suharto nantinya juga direncanakan akan menurunkan kendaraan Jeep Hardtop 4000cc dan Suzuki Jimny yang sudah dimodifikasi miliknya untuk turun dikelas offroad. 

Penyelenggaraan Kejuaraan Offroad  Adventure menerapkan protokol kesehatan yang ketat, para peserta harus melaksanakan pemeriksaan antigen terlebih dahulu selain itu kendaraan yang akan diturunkan akan diperiksa layak atau tidak.

Pembukaan Kejuaraan Offroad Adventure  pada hari pertama direncanakan akan dibuka oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 045 Gaya Bangka, dan pada hari kedua Gubernur Babel beserta unsur Forkopimda Babel, dan akan ikut serta mencoba track menggunakan mobil yang sudah disediakan oleh panitia.(rel/reza).

Diatas Footer
Light Dark