Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Bangka Tengah Lounching Aplikasi Arsip Berbasis Elektronik

 

RAKYATPOS.COM, KOBA - Pemkab Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melaunching aplikasi arsip berbasis elektronik atau E- Beriman untuk memudahkan penyimpanan arsip bagi penggunanya.

"Tidak usah bawak barang yang berat, dokumen, cukup pakai aplikasi di android, semua arsip penting yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti KTP, SIM, KK dan dokumen lainnya menjadi lebih mudah cuma dengan aplikasi arsip berbasis elektronik ini," ujar Bupati Bateng, Algafry Rahman disela-sela Lounching Aplikasi Arsip Berbasis Elektronik di Gedung Serbaguna Pemkab Bateng, Selasa (06/04/2021).

Dikatakannya, aplikasi ini sangat membantu dalam penyimpanan arsip dalam bentuk digital. Ia berharap kepada OPD lain yang ada dilingkungan Pemkab Bateng pun bisa mencari inovasi baru sesuai bidangnya.

"Silakan saja OPD lain berinovasi untuk mencari program apa yang dapat menunjang kemudahan pelayanan publik sesuai bidangnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Budi Utama mengatakan aplikasi arsip E Beriman tersebut untuk menyimpan data berupa identitas diri agar lebih mudah dan efektif.

"Data yang hilang, bisa dicek di arsip beriman. Misalnya, data tersimpan di HP, meski HP hilang data tetap tersimpan aman di arsip aplikasi. Untuk sementara ini, kalau datanya di HP diharapkan jangan dijual dulu," ucapnya.

Kedepan, akan ada server yang disiapkan di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfosta) yang dianggarkan senilai Rp1,2 milyar.

"Untuk tahap awal ini, kita melayani OPD, Perangkat Desa dan Sekolah. Tahun depan, aplikasi arsip ini kita buka untuk umum di seluruh Bateng," ucapnya.

Ia menambahkan yang bisa masuk aplikasi cuma warga beridentitas KTP Bateng karena syarat masuk adalah nomor KTP dan KK.

"Identitas KTP dan KK diluar Bateng tidak bisa karena nomor kode yang nanti dimasukkan ke user name itu identitas Bateng," tukasnya. (ran). 

Diatas Footer
Light Dark