Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Dayat: PT Timah Jangan Anak Emaskan PIP, TI Tungau Juga Dimitrakan

 

 

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Anggota Presidium Pembentukan Kabupaten Bangka Selatan Hidayat Tukijan berharap PT TImah tidak menganak emaskan kalau memang disinyalir ada PIP siluman yang dibacking oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Jangan ada toleransi dan harus ditindak tegas bagi PIP Siluman yang beroperasi di IUP PT TImah. 

 

“Jangan hanya masyarakat kecil yang nambang dengan TI Tungau yang tidak memiliki surat izin operasional dengan alasan tidak memenuhi standar K3 lantas dirazia dan langsung dibawa ke jalur hukum,” ujar pria yang biasa disapa Bang Daya ini dalam rilisnya, Senin (1/3/2021). 

 

Ia menyebutkan sudah selayaknya perusahaan raksasa penambangan timah kelas dunia ini (PT.Timah Tbk) punya sedikit kepekaan (sense of crisis) terhadap kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berhenti, tidak tersedianya lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja baru, semakin sempitnya lahan berusaha bagi para petani.

 

“Dalam siatuasi ini sebenarnya masyarakat cukup kreatif dengan berinovasi membuat alat tambang sekala rakyat yang diberi nama TI Tungau alat ini dioperasikan  dimana PIP dan KIP tidak mampu menambang di lokasi Lokasi sempit dan dangkal,” jelas Dayat.

 

Ia mengatakan TI Tungau adalah alternatif untuk mengatasi tidak tersedianya lapangan pekerjaan, kesulitan mendapatkan pekerjaan pada formal dan non formal bagi angkatan kerja baru.

 

“Bayangkan saja 1 unit TI Tungau  mempekerjakan paling sedikit 3 orang maka ribuan orang tenaga kerja yang dapat terserap pada sektor ini, Hal yang tidak kalah pentingnya usaha TI Tungau ini adalah usaha masyarakat  pribumi Bangka Selatan,” sebutnya.

 

Sudah selayaknya PT.Timah Tbk, kata Daya harus berkontribusi terhadap masyarakat di sekitar lokasi penambangan, bukan malah sebaliknya masyarakat setempat hanya jadi penonton menyaksikan pemodal besar dan konglomerasi menari nari menyedot kekayaan di negeri ini.

 

“Dengan menjadikan masyarakat pemilik TI Tungau sebagai mitra PT Timah Tbk. Maka ribuan orang dapat mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi masyarakat saat ini, CSR tidak akan memberdayakan masyarakat dan hanya dinikmati oleh segelintir orang,” tandas Dayat. (raw)

 

Diatas Footer
Light Dark