Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Dishub Bersama Ditlantas Polda Babel Sidak KIR dan ODOL di Bangka

Petugas Dishub Babel saat mengecek KIR dan ODOL truk yang melintas di Jalan Sungailiat – Belinyu, Kabupaten Bangka, Senin (5/4/2021).(foto: sentosa).
Petugas Dishub Babel saat mengecek KIR dan ODOL truk yang melintas di Jalan Sungailiat – Belinyu, Kabupaten Bangka, Senin (5/4/2021).(foto: sentosa).

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT – Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel) bersama Dirlantas Polda Babel mengelar Inspeksi, Audit dan Pemantauan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahan Angkutan Umum secara mendadak di Ruas Jalan Sungailiat – Belinyu atau tepatnya di Desa Sinar Baru, Kabupaten Bangka. 

Koordinator Tim Dishub Babel, Masagus Imron usai Sidak Senin (5/4/2021) mengatakan, inspeksi ini dilakukan dalam rangka sosialisasi dan penindakan kepada pengemudi kendaraan pick up dan truk yang menyalahi aturan sesuai dengan pasal 277 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. 

“Target kita adalah mobil pick up dan truk yang tidak melengkapi buku KIR dan over dimension over loading (ODOL),” ujar Masagus. 

Selain itu, Masagus menjelaskan, untuk over dimension over loading masih dalam tahap sosialisasi, sehingga pengemudi kendaraan dan pemilik kendaraan dapat melaksanakan peraturan yang telah ditetapkan. 

“Untuk ODOL tahap pertama ini, masih sosialisasi, belum ada penindakan, dan petugas kita akan menyampaikan kalau ada kendaraan yang lebih daripada standarnya kita informasikan bahwa ini telah menyalahi aturan yang ada, maka harus disesuaikan dengan peraturan yang telah ditentukan,” ungkap Masagus.

Terkait dengan pelaksanaan pada tahun 2020 lalu, Masagus mengatakan, Dishub Babel bersama aparat kepolisian telah melaksanakan razia di dua lokasi, yaitu di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan.

Untuk tahun 2021, Dishub bersama Polda Babel akan menggelar inspeksi tersebut di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, dan Kabupaten Bangka Selatan. 

“Tanggal 5 April di Kabupaten Bangka, 6 April di Kabupaten Bangka Tengah, 7 April di Bangka Selatan, tanggal 8 April di Kabupaten Bangka Barat,” sebut Masagus. 

Dengan adanya inspeksi ini, Masagus berharap kepada seluruh masyarakat Babel yang menggunakan kendaraan pickup dan truk untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan, sehingga keamanan dan kenyaman berkendaraan dapat diwujudkan dengan baik. (rel/sentosa).

Diatas Footer
Light Dark