Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

DKPUS Babel Kenalkan E-Pusda dan Kearsipan ke Siswa MI Desa Kimak

Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin memberikan Kartu Anggota Perpustakaan kepada Kepsek MI Nurul Falah, Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Rabu (7/4/2021).(foto: ist).
Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin memberikan Kartu Anggota Perpustakaan kepada Kepsek MI Nurul Falah, Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Rabu (7/4/2021).(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  (DKPUS) Provinsi Bangka Belitung (Babel) memperkenalkan Perpustakaan Online atau E-Pusda dan kearsipan yang dimiliki DKPUS Babel saat ini, kepada puluhan siswa dan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Falah, Desa Kimak, Kabupaten Bangka, Babel. 

Perkenalan program DKPUS Babel itu disampaikan Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin ketika menerima kunjungan 29 siswa-siswi bersama 12 guru pendamping MI Nurul Falah dalam rangkaian study tour MI ke DKPUS Babel, Rabu (7/4/2021).

Di DKPUS ini, dijelaskan Asyraf, ada 2 lembaga, yaitu kearsipan dan perpustakaan. Jadi, ada Arsiparis dan Pustakawan. Untuk mengetahui lebih jelas bisa dilihat di website DKPUS Babel di dkpus.babelprov.go.id.

Kadis DKPUS Babel foto bersama guru dan siswa MI Nurul Falah Desa Kimak, Merawang, Bangka, di halaman tengah Kantor DKPUS Babel, Rabu (7/4/2021).

“Untuk bidang Perpustakaan, kita punya aplikasi E-Pusda yang memiliki sekitar 400 koleksi buku. Hanya dengan mengunduh E-Pusda dari Playstore dan memasukkan e-mail dari HP android tiap orang, E-Pusda bisa langsung dibuka di mana saja. Bukan hanya buku manual saja yang bisa dipinjam, buku elektronik yang ada di E-Pusda juga bisa dibaca dan dipinjam, sehingga tidak perlu untuk datang ke Perpustakaan,” ujar Asyraf.

Selain E-Pusda yang berada dibawah bidang Perpustakaan, DKPUS Babel berada di bidang kearsipan juga memiliki koleksi arsip foto-foto zaman dulu atau foto-foto sejarah yang ada di Babel.  

“Koleksi foto-foto yang memiliki nilai sejarah itu, juga bisa diakses melalui website dkpus.babelprov.go.id, karena saat ini, DKPUS Babel melalui bidang kearsipan menggelar Pameran Virtual Arsip Foto Sejarah di Babel,” ungkap Asyraf. 

Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin menyampaikan penghargaan dan rasa bangganya terhadap para siswa MI yang ingin mengetahui dan melihat langsung Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Babel.

Asyraf berharap siswa MI Nurul Falah Desa Kimak ke depan menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik lagi.

Dikesempatan yang sama, Kepala Sekolah MI Nurul Falah Desa Kimak menjelaskan, tujuan dari kunjungan ini, untuk mencari pengetahuan baru dan mengenal lebih banyak tentang perpustakaan, mengingat masih minimnya ketersediaan buku yang ada di MI Desa Kimak, termasuk juga tentang kearsipan yang masih belum dipahami.

Usai mendapatkan pengarahan dari Kadis DKPUS Babel, guru dan siswa MI Nurul Falah, langsung dibimbing oleh Pustakawan DKPUS Babel bagaimana caranya mengunduh aplikasi E-Pusda melalui HP android masing-masing. 

Termasuk bagaimana caranya mengakses koleksi arsip foto-foto sejarah di Babel yang dimiliki DKPUS Babel dari para Arsiparis DKPUS Babel melalui website dkpus.babelprov.go.id.

Selain mendapatkan petunjuk akses E-Pusda dan koleksi arsip foto sejarah via online, para guru dan siswa MI juga mendapatkan Kartu Anggota Perpustakaan Provinsi, dan Buku Sejarah Bangka Belitung menjadi Provinsi, yang diserahkan langsung oleh Kepala DKPUS Babel, sesaat akan meninggalkan Kantor DKPUS Babel.(rel/alyah).

Diatas Footer
Light Dark