Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Kajari: Rumah Saya Kadangkala jadi Tempat Buat Berita

Kajari Pangkalpinang foto bersama awak media. (foto: bambang).
Kajari Pangkalpinang foto bersama awak media. (foto: bambang).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG -  Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkalpinang, Jefferdian mengadakan silaturahmi dengan insan pers di Kota Pangkalpinang di salah satu warung makan ternama, Rabu (7/4/2021).

Dengan style yang santun dan penuh keakraban, Jefferdian begitu dekat dan akrab dengan awak media, padahal tepatnya hari ini, Kamis (8/4/2021) dia baru genap sebulan memimpin Korps Adhyaksa Pangkalpinang.

Ia menuturkan, dulu sebelum kuliah semasa SMA dirinya sempat mengasah kemampuannya didunia tulis menulis.

Dirinya juga sempat bergabung di media, yakni Harian Singgalang Sumatera Barat yang salah satu programnya Koran Masuk Sekolah.

"Saya salah satu pengisi di situ, dan saya juga membina wartawan-wartawan muda. Saya gak asing dengan dunia teman-teman," kenangnya.

Kajari menjelaskan, silaturahmi tersebut tak lain dirinya ingin memperkenalkan diri dengan para jurnalis.

"Kebetulan, saya juga ingin ketemu dengan teman-teman semua. Saya ingin memperkenalkan diri sebagai orang baru," katanya.

Silaturahmi dengan para reporter ini, seyogyanya sudah diagendakan akan dilaksanakan pasca dirinya dilantik sebagai Kajari, namun tertunda.

"Mestinya, ini sudah tiga Minggu yang lalu kita jumpa di sini. Saya minta maaf kepada teman-teman begitu saya dilantik, dan waktu itu juga saya diberitahu harus pergi sekolah. Ilmunya mungkin masih kurang makanya harus sekolah lagi," candanya.

Jefferdian yang kini tengah menempuh pendidikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di Semarang mengaku tak merasa asing bertugas di Pulau Bangka ini. Namun demikian, sambungnya, aroma di Bangka ini baginya sudah tercium sedari dulu. 

"2010-2012, saya pernah di Sumatera Selatan. Ketika itulah, mungkin ada anggota saya yang sering bolak balik ke sini untuk membangun jadi PPTK pembangunan kantor Kejati Bangka Belitung ini, makanya saya setelah bertemu teman-teman kasi di sini gak asing, pernah jumpa di Sumatera Selatan," tutur Jefferdian.

Oleh sebab itu, Kajari berharap ingin seperti dimana dirinya bertugas, yaitu teman akrabnya adalah teman-teman pers. Dirinya pernah juga menjabat selaku Kajari Kolaka di Sulawesi Tenggara. 

"Rumah saya itu ya kadangkala menjadi tempat teman-teman buat berita juga. Saya mengajak teman-teman PWI, IJTI macam-macam organisasi kita gabung semua kita adakan pelatihan jurnalistik untuk anak sekolah,” ajak Kajari. 

Harapan dia, selaku Kajari bagaimana bisa bermitra dengan baik. “Tentu kami selaku penegak hukum butuh bantuan teman-teman untuk menyuarakan kebenaran, untuk mempublikasikan apa yang telah kami lakukan," harapnya.

Tak hanya itu saja, dia juga meminta teman-teman media juga sebagai alat kontrol bagi jaksa. 

"Tentu di lapangan tidak bisalah, tergantung keahlian teman-teman menjangkau semua informasi. Tentu teman-teman yang mempunyai akses lebih luas tentu kemitraan, sinergitas itu yang ingin saya rasakan kembali sebagaimana saya bertugas ditempat-tempat sebelumnya. Masalah-masalah lain bisa kita diskusikan bersama," pungkasnya. (bis).

Diatas Footer
Light Dark