Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Kunjungi Pameran Virtual Arsip Foto Sejarah di Babel, Via dkpus.babelprov.go.id

Salah satu Foto Arsip Sejarah Kantor DKPUS Babel tempo dulu. (Foto: Arsip DKPUS Babel).
Salah satu Foto Arsip Sejarah Kantor DKPUS Babel tempo dulu. (Foto: Arsip DKPUS Babel).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Untuk pertama kali, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan Pameran Virtual Arsip Foto-foto Sejarah di Bangka Belitung.

Pameran Virtual Arsip Foto Sejarah di Babel melalui website dkpus.babelprov.go.id itu, mulai dilaksanakan sejak awal April hingga akhir Mei 2021 mendatang.

Oleh karena itu, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di Babel, bahkan di luar Babel, untuk mengunjungi pameran tersebut.

“Yo…kita kunjungi Pameran Virtual Arsip Foto Sejarah di Babel via dkpus.babelprov.go.id. Mari manfaatkan pameran ini, untuk menggali dan mengetahui sejarah yang terjadi di Babel,” ajak Asyraf.

Arsip Foto-foto sejarah yang dipamerkan secara virtual itu, disbutkan Kepala DKPUS Babel, diantaranya tentang bangunan-bangunan yang ada di Babel, kunjungan Presiden Soekarno dan rombongan berkunjung ke Bangka, pada tanggal 9 September 1951.

Selain itu, ada juga foto Wakil Presiden Mohammad Hatta berpidato pada Rapat Umum di Sungailiat, rumah tempat pengasingan Bung Karno dan H. Agus Salim pada tahun 1948, Stasiun kereta api di pertambangan timah Manggar, Pulau Biliton, tahun 1930, dan arsip foto-foto sejarah di Babel lainnya.

“Karena kita keterbatasan oleh pandemi Covid-19, sehingga tidak bisa mengumpulkan banyak orang, maka kita lakukan inovasi dengan cara melaksanakan Pameran Virtual  Arsip Foto Sejarah di Babel melalui website dkpus.babelprov.go.id,” ujar Asyraf.

Untuk tahap awal ini, Pameran Virtual Arsip Foto Sejarah menampilkan sebanyak 59 arsip foto. Setiap hari arsip foto-foto sejarah di Babel itu, kita update, sehingga masyarakat bisa melihat. 

Tujuan pameran virtual ini, ditambahkan Asyraf, untuk mengenalkan arsip-arsip foto sejarah yang dimiliki Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Babel kepada masyarakat Babel, bahkan masyarakat dunia. (rel).

Diatas Footer
Light Dark