Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Operasi Bersama Dishub - Polda Babel, Jaring 85 Kendaraan

Tim Gabungan Dishub bersama Ditlantas Polda Babel saat memeriksa kelengkapan surat menyurat pengemudi puckup dan truk.(foto: sentosa).
Tim Gabungan Dishub bersama Ditlantas Polda Babel saat memeriksa kelengkapan surat menyurat pengemudi puckup dan truk.(foto: sentosa).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Babel selama 4 hari telah menggelar razia di 4 Kabupaten di Pulau Bangka. 

Dalam operasi gabungan bersama Dishub dan Ditlantas Polda Babel tersebut, dari hasil pemeriksaan izin angkutan umum, kelengkapan surat menyurat kendaraan dan teknis laik jalan, dijaring sebanyak 85 kendaraan, 12 diantaranya terkait dengan buku KIR kendaraan. 

Masagus Imron Koordinator Tim Dishub Babel mengungkapkan ke 12 pelanggar tersebut ditilang dan berkas tilang diserahkan ke pengadilan melalui PPNS Dishub Babel. 

“Selama empat  hari ini, terdapat 85 pelanggaran dan 12 pelanggaran terkait dengan KIR. Maka kepada 12 pelanggar akan kita tindaklanjuti dan kita serahkan ke pengadilan,” ujar Masagus, Kamis (8/4/2021). 

Dijelaskan Masagus, sasaran razia yang dilakukan kepada kendaraan roda empat yang membawa muatan (pickup) dan truk. 

Saat razia, pengemudi diinstruksikan petugas untuk menepi kemudian menjalani pemeriksaan administrasi dan kelengkapan surat menyurat kendaraan. Puluhan kendaraan yang tidak membawa kelengkapan administrasi langsung ditilang oleh petugas gabungan.

Masagus mengatakan, dalam empat hari pihaknya rutin melakukan operasi pemeriksaan perizinan angkutan umum dan teknis laik jalan.

Dengan adanya razia ini, diharapkan Masagus, masyarakat pemilik kendaraan pickup dan truk untuk melengkapi surat-surat kendaraannya termasuk buku KIR.

Dia menyebutkan, masih banyak kendaran roda empat yang tidak mengurus uji KIR dan over dimension over loading (ODOL) namun masih terus beroperasi. Hal itu tentunya dapat membahayakan penumpang dan pengguna jalan raya lainnya. 

Kegiatan razia ini, akan dilanjutkan bersama dengan aparat kepolisian. Ia menegaskan, kepada pengemudi dan pemilik kendaraan untuk segera melengkapi  surat kendaraan dan segala persyaratan yang ditetapkan sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (LLAJR).

“Saya berharap kepada masyarakat yang memiliki kendaraan khususnya pickup dan truk agar memeriksa surat kendaraannya sekaligus melengkapinya, sehingga KIR dan persyaratan lainnya masih berlaku,” harap Masagus. 

Kasi Pengendalian Dishub Babel ini juga mengatakan, pelaksanaan razia selama empat hari di empat kabupaten, yakni Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Bangka Barat berjalan dengan lancar. 

“Syukur Alhamdulillah pelaksanan razia berjalan dengan lancar. Apa yang kita laksanakan ini mudah-mudahan masyarakat kita sudah mengerti dan paham tentang aturan angkutan jalan, angkutan kendaraan umum, angkutan truknya dan lainnya,” imbuhnya.(rel/sentosa).

Diatas Footer
Light Dark