Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

PMI Bangka Berhasil Kumpulkan 58 Kantong Darah di Riau Silip

Kepala Markas PMI Bangka turut mendonorkan darahnya di aksi donor darah masal di Kecamatan Riau Silip, Bangka, Babel, Minggu (21/3/2021).(foto: ist/pmibangka).
Kepala Markas PMI Bangka turut mendonorkan darahnya di aksi donor darah masal di Kecamatan Riau Silip, Bangka, Babel, Minggu (21/3/2021).(foto: ist/pmibangka).

RAKYATPOS.COM, RIAU SILIP - Donor Darah masal yang diselenggarakan PMI Kabupaten Bangka bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRKI) Bangka, Kecamatan Riau Silip, serta Yayasan Komunitas Pendonor Darah berhasil mengumpulkan sebanyak 58 kantong darah. Donor darah masal tersebut dilaksanakan di Puskesmas Riau Silip, Minggu (21/3/2021).

Koordinator kegiatan, dr. Dahyanto mengucapkan terimakasih banyak atas partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial tersebut. Dirinya menyampaikan partisipasi masyarakat Riau Silip dan sekitarnya cukup tinggi terhadap kegiatan sosial seperti donor darah.

"Ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan di Riau Silip. Alhamdulillah kedua kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya," ujar dr. Dahyanto.

Sebagian besar darah yang terkumpul yakni dari para pendonor pemula. Sehingga kedepannya sangat membuka peluang yang lebar untuk menjadi pendonor rutin  guna memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Bangka.

Camat Riau Silip, Lingga juga berhasil dan telah menyumbangkan darahnya sebagai pendonor pemula. Dirinya berpendapat proses donor darah yang dijalaninya tidak seseram yang dibayangkan sebelumnya.

"Terimakasih kepada pihak Puskesmas yang telah menyediakan tempatnya. Kami sangat merasakan atmosfer pendonor di Riau Silip ini, sangat tinggi, sehingga kami tertarik untuk memberanikan diri untuk mendonorkan darah," ungkap Lingga.

Kegiatan tersebut, juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bangka. Wakil Bupati Bangka, Syahbudin berkesempatan untuk hadir dan turut menyumbangkan darahnya dalam kesempatan tersebut.

"Ini merupakan salah satu bentuk naruli pribadi untuk peduli dan mendonorkan darah. Semoga kegiatan ini memberikan suatu ladang ibadah bagi kita semua serta dapat berkelanjutan hingga kedepannya," harap Syahbudin.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bangka.juga telah memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan darah di Kabupaten Bangka. Dengan bantuan berupa alat trombosit, sangat memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

Hal teraebut juga diapresiasi Ketua Yayasan Komunitas Pendonor Darah Kabupaten Bangka, Suharli. Dirinya berpendapat, berkat dukungan pemerintah daerah serta kesadaran masyarakat tentunya dapat memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Bangka.

"Kami hanya sebagai wadah perkumpulan dari para pendonor darah yang terbentuk atas kepedulian sesama masyarakat. Kebutuhan darah selalu meningkat, sehingga perlu upaya untuk mencari para pendonor aktiv lainnya," ujar Suharli.

Guna menarik minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya, disediakan juga bingkisan berupa Beras 5kg atau bibit tanaman buah buahan unggul bagi para pendonor. Bibit yang disedikan yaitu Bibit Durian Unggul serta Alpukat Lili.

Turut hadir dalam.kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti, Ketua BKPRMI Bangka, Hari Subari, Pembina KPD Aryanto, Sekretaris PMI Bangka Tego serta Kepala UDD PMI Bangka dr Egha.(rel).

Diatas Footer
Light Dark