Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Polres Kerahkan 81 Personil Pengamanan Paskah & Jumat Agung di Gereja Basel

Kapolres Basel didampingi Kasat Shabara melakukan patroli ke gereja di Toboali guna memastikan perayaan Paskah di gereja Basel berjalan dengan aman dan kondusif
Kapolres Basel didampingi Kasat Shabara melakukan patroli ke gereja di Toboali guna memastikan perayaan Paskah di gereja Basel berjalan dengan aman dan kondusif

 

 

 

RAKYATPOS.COM, TOBOALI - Sebanyak 81 personel Kepolisian Resor (Polres) Bangka Selatan (Basel) dikerahkan untuk menjaga perayaan Paskah dan Jumat Agung di 23 gereja yang tersebar di Bangka Selatan pada Jumat (2/4/2021). Pengamanan ini juga merupakan bentuk antisipasi Polres Basel terkait sejumlah teror beberapa waktu lalu. 

 

Kapolres Basel AKBP Agus Siswanto melalui Kasat Samapta Iptu Perdana Win mengatakan, personel pengamanan mulai melakukan penjagaan gereja akan dilakukan pada Kamis (1/4/2021) malam nanti hingga Minggu (4/4/2021) mendatang. 

 

"Kita akan tempatkan empat sampai lima orang di setiap gerejanya dari personel Sat Samapta. Kita juga sudah menyiapkan Tim UPRC sebanyak 11 orang untuk melaksanakan patroli pada saat kegiatan ibadah berlangsung," ujar Iptu Perdana Win. 

 

Dia mengatakan, sejauh ini hasil kegiatan pengecekan dan sterilisasi terhadap gereja khususnya yang ada di Toboali dalam kondisi kondusif. Akan tetapi, pengamanan semakin ditingkatkan guna mencegah gangguan dan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

 

"Hari ini kita melakukan sterilisasi di gereja yang ada di Toboali, hasilnya sejauh ini situasi masih dalam kondisi kondusif, tidak ada barang-barang atau hal-hal yang mencurigakan kita temukan, secara keseluruhan gereja di Basel juga masih aman," katanya. 

 

Perdana mengatakan, sesuai surat perintah pengamanan akan dilakukan secara humanis. Melakukan pemeriksaan kepada setiap pengunjung dan jemaat yang masuk ke lingkungan gereja secara ketat. Baik itu mereka berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. 

 

Sementara itu, Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Basel Pendeta Selamet Yunianto mengapresiasi personel Polres Basel dari Satuan Samapta yang telah melakukan kegiatan pengecekan dan sterilisasi di seluruh gereja jelang perayaan Paskah. 

 

"Terima kasih kami sampaikan kepada pihak kepolisian yang sangat sigap sekali menanggapi isu terkini dalam pengamanan gereja di Basel. Kami merasa aman ada di dalam lindungan Polres Basel menjelang perayaan Paskah besok," sebut Selamet Yunianto.

 

Selamet menjelaskan sejauh ini situasi dan kondisi di seluruh gereja masih dalam keadaan aman dan kondusif. Untuk itu dia mengimbau kepada seluruh pengurus dan jemaat gereja agar bersama-sama turut membantu pihak kepolisian dalam menjaga wilayahnya masing-masing. 

 

"Kepada seluruh gereja yang tergabung di BKAG Basel untuk tetap datang ke rumah ibadah, mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 karena saat ini masih dalam kondisi pandemi. Karena kita sudah dilindungi dan diberikan keamanan oleh kepolisian," tutupnya. (raw)

Diatas Footer
Light Dark