Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Yanto: Petani Basel Bersyukur Harga Lada Terus Naik & Sawit Stabil

Yanto Purnomo
Yanto Purnomo

 

 

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Harga jual lada putih merangkak naik yang saat ini mencapai angka Rp 87.000 – 88.000 per kilogram membuat petani Bangka Selatan sangat terbantu. Ditambah lagi harga komoditi sawit yang terus stabil di angka Rp 1.850,- per kilogram. Pemuda Desa Jeriji Yanto Purnomo bersyukur dengan harga komoditi unggulan mulai naik.

 

Ia mengatakan masyarakat banyak terbantu. Hanya saja, kata Yanto produksi Desa Jeriji diperkirakan sudah berkurang akibat cuaca yang tidak menentu. Pohon lada banyak yang mati akibat serangan hama kuning di tanaman merambat.

 

“Dengan kenaikan harga sawit petani dan masayarkat banyak terbantu secara ekonomi. Walaupun masyarakat tidak ada kebun, tetapi masyarakat ada yang menerima upah di perkebunan sawit dari mulai menanam bibit, memupuk, menyemprot dan panen, sehingga semuanya terbantu,” jelas Yanto.

 

Ia berharap menjelang bulan suci Ramadhan 1442 H, harga komoditi pertanian Basel seperti lada, sawit dan karet terus meningkat sehingga dapat membantu meningkatnya ekonomi masyarakat petani Basel khususnya. (raw)

Diatas Footer
Light Dark